Mengenal ASCII

English version can be found here http://xathrya.web.id/blog/2012/09/15/understanding-ascii/

ASCII ? Apa itu? Apa sejenis dengan ASI ?

Woot… bukan.. bukan..

ASCII merupakan kependekan dari American Standard Code for Information Interchange. Komputer hanya mengerti angka-angka yang disebut bilangan biner. Sehingga untuk memudahkan manusia “memerintah” mesin digunakan beberapa standard-standar simbol yang disepakati bersama. Salah satu standard yang paling banyak digunakan adalah ASCII. ASCII merupakan representasi simbol-simbol yang kita ketahui seperti ‘@’ atau ‘a’ dsb ke dalam angka-angka yang dimengerti komputer. Namanya juga standard, maka ASCII simbol-simbol dalam ASCII merupakan simbol yang well-known atau merupakan simbol yang disepakati bersama.

Karakter dalam kode ASCII berjumlah sekitar 256 dengan penomoran dimulai dari 0. Kenapa 0? Karena sistem bilangan kita menggunakan 0 sebagai digit terkecil untuk bilangan. Maksudnya? Jika kita punya sebuah angka yaitu 15 maka ada dua digit dalam bilangan itu yaitu 1 dan 5. 1 merupakan sebuah puluhan dan 5 merupakan sebuah satuan. Berapa angka yang paling kecil untuk setiap digit? Jawabnya adalah o, bukan 1. Coba bandingkan antara 0 dan 1 mana yang lebih kecil? pasti nol kan? Lalu bilangan terbesar dalam sistem bilangan desimal yang kita pakai sehari-hari adalah 9. kenapa 9? Bukannya desimal itu 10 ya? Coba lihat, jika kita menambahkan 9 dengan 1 maka kita akan mendapatkan bilangan dengan 2 digit yaitu 1 dan 0. Jadi disimpulkan bahwa bilangan tertinggi untuk setiap digit adalah 9.

Berikut adalah daftar karakter ASCII dalam bentuk tabel sederhana.

ASCII Table 0~127

Tabel ASCII 1

Tabel ASCII 1

ASCII TABLE 128~255 (EXTEND)

Extended ASCII

ASCII Table 2

Lalu apa sih sebenarnya kegunaan ASCII ?? Buanyak… Kalo nggak ada ASCII tulisan-tulisan nggak akan bisa ditampilkan seperti yang kita kenal sekarang oleh komputer. Masa untuk baca postingan di blog aja harus menguasai bahasa mesin (baca: bilangan biner) di luar kepala. Yang ada 1 kalimat seperti “Satria ganteng” (mohon maaf, contoh tersebut memang nyata ;P) bisa jadi angka-angka dengan panjang total 20 lebih digit.

Wow @@~

ASCII dalam program

Seperti yang sudah disinggung bahwa komputer hanya mengerti bilangan biner saja. Dalam program yang notabene sebuah penerapan komputer, kita memakai karakter-karakter yang terdapat dalam ASCII. Karakter ASCII sebenarnya dilambangkan sebagai tipe data character/ huruf dalam bahasa pemrograman. Sebut saja tipe char di pascal dan C. Dan sebenarnya juga, karakter itu adalah angka . Benarkah? Berikut adalah sebuah contoh dalam bahasa C++ yang akan menampilkan karakter dalam ASCII dari 0 hingga 127 (atau sebanyak 128 karakter).

#include <iostream>

using namespace std;

int main() {

int i;

for(i=0; i< 128; i++) {

cout<<(char) i<<endl;

}

return 0;

}

ASCII bukan hanya karakter

Lho, kok? OK, kita bahas lebih spesifik. Dalam kode ASCII tidak hanya terdapat karakter-karakter yang kita kenal seperti huruf a,b,c,d .. ,z atau 0,1,…,9 maupun karakter karakter berupa simbol !@#$%^&*() saja (deretan simbol barusan bukan sensor lho). Lha, lalu??

ASCII juga terdiri dari karakter-karakter yang dimengerti komputer, tidak hanya dimengerti oleh kita. Contoh karakter nomor 8 dalam ASCII adalah ‘backspace’ yang merupakan simbol untuk merepresentasikan tombol backspace dalam keyboard. Bukan hanya itu saja, ada juga simbol seperti nomor 2 yang berarti STX yang berarti Start of Text yang digunakan sebagai penanda awal text.

Nah, dapat disimpulkan bahwa ASCII merupakan kode universal yang digunakan untuk berbagai keperluan.

16 Comments

  1. ASCII kalau tidak salah digunakan oleh manusia untuk bisa berbicara / berkomunikasi dengan komputer / mesin, sehingga dengan demikian antara dunia yang hidup dengan dunia yang mati bisa berkomunikasi secara langsung tanpa perlu bantuan para nabi.

    • Yup, karenanya tidak perlu “bahasa dewa” untuk bercakap-cakap dengan mesin karena sudah disederhanakan dan dipermudah dengan karakter ASCII

  2. aL_Phy

    mkcie ats infonya… smg niat sampeyan untuk berbagi ilmu ini mendapat balasan yang lebih baik… amin ^_^

    • amin…
      doakan saja semoga saya tetap bisa konsisten ^^

  3. afifaneh

    kalo unicode om?

  4. daswin alldobest pardede

    kegunaannya ASCII apa om?

    • yang paling utama buat menampilkan huruf di komputer. ASCII itu paling primitif.

  5. rizhal

    thk informasinya om ,bermanffat banget , semoga sukses

  6. moch max

    gimana sih cara nya menggunakan karakter ascii untuk membuat kata sandi yahoo?
    tolong kasih contohnya yaa

    • Saya agak bingung dengan pertanyaannya, tapi seluruh karakter yang ada di komputer (pada awalnya) adalah karakter ASCII.

  7. gini saya mau tanya juga nih om,
    kan klo bahasa pemograman seperti java,php,,atau banyak lagi bahasa yg lainnya yg termasuk bahasa tingkat tinggi,nah untuk membaca itu diperlukan bahasa mesin yg kita kenal bilangan biner,nah saya mau tanya,itu ceritanya bisa sampe ke bahasa php,pake perintah if,then else end trus dengan logika yg pake petik koma segala macam itu,ko bisa membentuk ap yg diperintahkan,nah terjamahan lebih detailnya gimana om,,,
    mohon pencerahan om,terimakasih

    • Mesin memang mengenali biner, tapi juga nggak sembarangan nulis. Ada yang namanya mnemonik atau kode tertentu. Jadi misal kalau kode 89 X dia akan meload dari memori dengan alamat X ke prosesor, kalau kode 91 dia akan membandingkan data di register tertentu, dsb. Nah bahasa tingkat tinggi adalah abstraksi dari proses tadi.

      Sementara aturan yang pakai petik koma, dan segala macam adalah aturan dari bahasa pemrograman itu sendiri.
      Ketika suatu kode dalam bahasa tertentu hendak dijadikan suatu program, akan melewati yang namanya kompilasi. Proses ini akan mengubah aturan-aturan tadi (disebut sintaks) menjadi kode mesin.

  8. Ilham Bagus Prasetyo

    Artikel yg bermanfaat, saya mau tanya kalo kode ASCII itu dapat diaplikasikan dimana saja?

Trackbacks

  1. Daftar Perintah FTP « DOELANK GENERATION
  2. Mengenal Kode ASCII | Welcome to My Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: