Category Archives: proyek

Tugas RBL FI1201/FI1202 TA 2010/2011

Oke, Fisika Dasar 2A hampir mencapai klimaks. Tugas RBL pun telah menanti bagi mahasiswa STEI angkatan 2010. Berikut salinan tugas yang direpost dari si Agung Utama Putra Pembuatan Kapasitor Konsep Dasar Kapasitor dan bahan dielektrik Pengukuran kapasitansi dari kapasitor menggunakan rangkaian RC Potensial listrik dan konstanta dielektrik Tujuan Mahasiswa secara berkelompok merancang dan membuat kapasitor …

Continue reading

Panel Photovoltaic

Courtesy of: LPKEE ITB Disclaimer see this Panel Photovoltaic Kadek Fendy Sutrisna dan I Komang Adi Aswantara Panel Photovoltaic (PV panel) adalah sumber listrik pada sistem pembangkit listrik tenaga surya, material semikonduktor yang mengubah secara langsung energi sinar matahari menjadi energi listrik. Daya listrik yang dihasilkan PV berupa daya DC. Istilah “photovoltaic” ini telah digunakan …

Continue reading

Cross Compiling – Sebuah Pengenalan

Cross Compiling, apa itu?? Istilah ini memang sedikit asing bagi kita, tapi cross compiling adalah metode membuat program yang ditujukan untuk platform tertentu tapi proses pengerjaan compilingnya dilakukan di platform lain.. Masih bingung?? Kira-kira kayak gini. Kita tau kalo linux dan windows itu adalah dua platform yang sangat berbeda. Kalo kita bikin program di windows, …

Continue reading

Mengenal Fisika Partikel

Tahu nggak, ternyata Fisika itu ilmu pengetahuan yang luas sekali cakupannya. Ada Mekanika, Termodinamika, Mekanika Kuantum, Listrik dan magnet dll. Masing-masing cabang mempelajari hal-hal berbeda yang ada di alam ini. Nah, salah satu cabang fisika yang cukup menarik adalah fisika partikel. Mau tahu apa itu? Ayo kita lihat Fisika partikel adalah cabang dari fisika yang …

Continue reading

Pilih Mana: Energi Nuklir atau Energi Terbarukan?

Courtesy of: LPKEE ITB Originally Post under: this Repost under this See more about license   Arwindra Rizqiawan   Pemanasan global beserta segala isu yang menyertainya saat ini telah dijadikan acuan dalam penentuan setiap langkah pembangunan, termasuk penentuan kebijakan bidang energi. Alternatif yang muncul sekarang tinggal memilih antara menggunakan energi nuklir atau energi terbarukan karena …

Continue reading

Konversi Energi, Selamatkan Masa Depan Bumi

Dunia saat ini sedang berada dalam suatu krisis. Krisis yang tak kalah hebatnya dengan krisis ekonomi. Apa itu? Itu adalah krisis energi. Meningkatnya populasi manusia harus diimbangi dengan peningkatan pasokan energi karena manusia modern membutuhkan energi untuk melakukan aktivitas. Mencuci, memasak, bahkan menonton TV / hiburan menggunakan energi. Secara umum, energi didapatkan dari proses pembakaran. …

Continue reading

Enak mana sih, Blogspot ato WordPress??

Mungkin pertanyaan itu akan sering temen-temen blogger tanyakan. Memang kedua layanan blog ini yang paling mendominasi jagat per-blog-an. Keduanya gratis, nggak ada biaya sama sekali. Dan keduanya juga menawarkan segala kemudahan bagi penggunanya. Tapi bagaimana jika keduanya ditandingkan, mana yang unggul? Mari kita simak hasil riset kali ini.   Weblog, apa dan bagaimana Sebelum masuk …

Continue reading

Nuklir, teknologi yang kontroversial

Halo semua, kali ini saya melakukan sebuah update besar-besaran… Ya! Kali ini saya mengusung tema spesial bernama “Nuklir, teknologi yang kontroversial” dalam rangka meningkatkan pengetahuan tentang apa sih nuklir itu. Sudah ada 10 artikel yang saya persiapkan semoga teman-teman bisa memahami tentang nuklir. Artikel-artikel ini bukan saya yang tulis, namun saya mengambilnya dari situs http://topcop.fmipa.ugm.ac.id/

Continue reading

NUKLIR PENYELAMAT PERADABAN

Tahun-tahun terakhir, isu akan adanya pembangunan PLTN di Indonesia membangunkan minat warga akan tenaga nuklir. Sebelumnya, bidang nuklir tidak terlalu terekspos keberadaannya. Masalahnya, setelah nuklir menjadi terekspos, yang menjadi dominan di masyarakat adalah pandangan negatif terhadap energi alternatif ini. Nuklir adalah salah satu sumber energi alternatif yang belum dimanfaatkan secara maksimal. Jika dipertimbangkan melalui logika, …

Continue reading

Dilema Pembangunan PLTN di Indonesia

Di Indonesia gagasan untuk pembangunan PLTN sebenarnya telah ada semenjak tahun 1956, namun pada tahun 1972 ide tersebut baru muncul bersamaan dengan dibentuknya Komisi Persiapan Pembangunan PLTN (KP2PLTN) oleh Badan Tenaga Atom Nasional (BATAN), Departemen Pekerjaan Umum dan Tenaga listrik (Departemen PUTL). Kemudian berlanjut dengan di adakannya seminar yang menghasilkan bahwa PLTN harus di kembangkan …

Continue reading