7 Layer Protokol pada CDMA2000 1xEV

Jaringan CDMA2000 1xEV adalah evolusi dari jaringan CDMA2000. Ini adalah salah satu jaringan yang dipakai dalam komunikasi seluler / mobile broadband. Untuk memakai jaringan ini, atau migrasi dari jaringan CDMA harus diperhatikan dalam aspek kompatibilitas BTS. BTS bertanggung jawab dalam alokasi resources, daya, dan Walsh code untuk pemakaian subscriber. Selain itu BTS juga memiliki peralatan fisik radio yang digunakan untuk mengirim dan menerima sinyal. BTS mengendalikan antar muka antara sistem jaringan dengan subscriber dan beberapa aspek lainnya yang sering dikaitkan secara langsung pada performansi jaringan.

 

Nah, untuk interkoneksi komputer pada jaringan Internet kita mengenal adanya OSI layer. Sedikit menyegarkan pikiran, OSI layer terdiri dari 7 layer, yakni: Physical, Data Link, Network, Transport, Session, Presentation, dan Application. Ketujuh layer ini mendeskripsikan dan membagi jaringan ke dalam komponen-komponen kecil yang dapat mudah dikelola dan dikembangkan. Begitu pula dengan EVDO (CDMA2000 1xEV), jaringan ini membagi utilitas menjadi 7 layer. Kita sebut saja protokol layer 1xEV. Berikut adalah penjelasan masing-masing protokol dari layer paling bawah:

 

Physical layer

Layer ini adalah layer paling bawah yang berhubungan langsung dengan hardware dan perangkat pengguna. Satu-satunya protokol pada layer ini adalah: Physical Layer Protocol. Tugas layer ini adalah menghantarkan data dari node ke node lain (bisa dari BTS ke Mobile Equipment, ataupun sebaliknya). Layer ini menyediakan struktur channel, frekuensi, daya keluaran, modulasi dan spesifikasi encoding. Secara konsep, layer ini mirip dengan layer Physical pada OSI layer.
MAC Layer

Hampir sama dengan layer data link pada OSI layer model. MAC Layer atau Medium Access Control Layer adalah layer yang mengatur  atau mendefinisikan prosedur yang digunakan untuk transmisi atau penerimaan data melalui layer fisik. Protokol yang ada di lapisan ini adalah: Control Channel MAC  Protocol; Forward Traffic Channel MAC Protocol; Access Channel MAC Protocol; Reverse Traffic Channel MAC Protocol.

 

Security Layer

Layer ini menyediakan dukungan keamanan berupa autentikasi dan sistem enkripsi. Protokol yang termasuk dalam layer ini adalah: Security Protocol; Key Exchange Protocol; Authentication Protocol; Encryption Protocol.

Connection Layer
Layer ini menyediakan layanan pembentukan hubungan air link dan maintenance. Protokol yang termasuk dalam layer ini adalah: Airlink Management Protocol; Initialization State Protocol; Idle State Protocol; Connected State Protocol; Packet Consolidation Protocol; Route Update Protocol; Overhead Message Protocol.

 

Session Layer

Layer ini menyediakan fungsi negosiasi, konfigurasi dan session state maintenance service. Secara garis besar layer ini memiliki fungsi yang hampis sama dengan layer Session pada model OSI layer. Protokol yang termasuk ke dalam kategori ini adalah: Session Management Protocol; Address Management Protocol; Session configuration Protocol.

 

Stream Layer

Layer ini menyediakan proses multiplexing pada aplikasi stream. Pada layer ini hanya terdapat satu protokol yakni: Stream Protocol.

 

Application Layer

Layer ini menyediakan sistem yang berfungsi untuk mengangkut informasi 1xEV (DEfault Signaling Application) dan juga informasi data user (Default Packet Applicaiton). Protokol yang termasuk dalam layer ini adalah: Default Signaling Application (SNP, SLP) , Default Packet Applicaiton (FCP, RLP, LUP)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: