Sistem Bilangan Desimal

Bilangan desimal adalah salah satu sistem bilangan yang dikenal manusia. Disebut juga sistem bilangan dengan basis 10. Kenapa bisa basis 10? Karena ada 10 angka / 10 simbol yang merepresentasikan angka untuk setiap digit dalam bilangan desimal. kesepuluh bilangan itu adalah 0,1,2,3,4,5,6,7,8, dan 9. lho, katanya tadi 10 kok cuma sampai sembilan? Coba dihitung lagi, ada berapa jumlahnya. Wah iya, ada 10…. Kok bisa ya?

Dalam sistem bilangan desimal (sebenarnya bilangan apapun) pencacahan bilangan dimulai dari 0 untuk setiap digit. Lho, bukan 1? Kenapa 0? Karena 0 adalah bilangan yang paling kecil / paling rendah nilainya untuk setiap digit. Coba bandingkan antara 0 dan 1 lebih besar yang mana? 0 kan. Lho, kalo gitu kenapa bukan -1? Karena -1 sudah berbeda ranah. Maksudnya. Memang -1 lebih kecil dari 0 tapi yang kita jadikan acuan adalah bilangan cacah. Dan juga -1 sebenarnya adalah 1 namun dengan nilai negatif.

Bilangan yang terbesar untuk setiap digit angka dalam sistem desimal adalah 9. Lho kok bukan sepuluh? Coba tuliskan angka 10. Ada dua digit kan yaitu 1 dan 0. Sedangkan untuk 9 hanya ada 1 digit saja. Ketika angka 9 dinaikkan nilainya maka ia akan menghasilkan nilai sepuluh dan digitnya juga akan bertambah menjadi 2. Sehingga digit (bagian per satuan dari nilai) terbesar adalah angka 9.

1 Comment

    Trackbacks

    1. Mengenal ASCII « Another Satria's Project

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s

    %d bloggers like this: