Unicode??

Sering kita mendengar kata unicode.. Sebenarnya apa sih unicode itu? Nah artikel ini akan membahas sebagian tentang unicode. Penasaran?

Unicode, definisi dan spesifikasi

Unicode adalah sebuah kumpulan karakter yang universal. Unicode adalah standard yang dirancang untuk mengizinkan teks dan simbol dari semua sistem tulisan di dunia untuk ditampilkan serta dimanipulasi secara konsisten oleh komputer. Ia adalah sebuah standard, bukan encoding  Hingga saat ini, pengembangan unicode masih berjalan dan standard ini telah mengenali sekitar 110.000 simbol di seluruh dunia.

Unicode mengandung kumpulan karakter, kumpulan bagan kode untuk referensi visual, metodologi pengodean dan kumpulan standar penyandian karakter, deskripsi sifat karakter seperti huruf besar dan huruf kecil (termasuk arah penulisan dari kiri atau dari kanan), kumpulan data referensi berkas komputer, aturan normalisasi, dekomposisi, collation, dan rendering.

Versi terakhir unicode (tahun 2012) adalah Unicode 6.1

Unicode sebagai standard, UTF dan UCS sebagai encoding

Unicode sebagai standard, acuan terhadap daftar karakter yang ada dan dikenali. Terdapat beberapa mekanisme untuk memetakan dan menggunakan karakter yang ada di dalam unicode. Dikenallah Unicode Transformation Format (UTF) dan Universal Character Set (UCS) sebagai encoding (pengimplementasi unicode).

Bingung? Sebenarnya nggak terlalu sulit dipahami kok. Dibandingkan dengan tabel ASCII yang pernah saya bahas, unicode bersifat lebih luas lagi. Ia bukan hanya mengorganisir karakter yang ada tetapi juga memberikan informasi bagaimana direpresentasikan serta bagaimana karakteristik-karakteristiknya. Maksudnya adalah penulisan  huruf Arab dilakukan dari kanan ke kiri sementara huruf latin sebaliknya. Itulah yang  distandardkan oleh unicode.

Unicode Transformation Format sendiri ada beberapa macam, tapi yang dipakai saat ini adalah UTF-8 dan UTF-16.

1 Comment

  1. afifaneh

    nah ini dia, oiya, kan tuh kalo kita gak punya font, nanti munculnya code unicode tersebut, gimana carinya ya supaya bisa muncul itu font?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: