Protokol, Aturan Komunikasi Data

Protokol, atau istilah dalam bahasa Inggrisnya protocol adalah suatu set aturan yang membahas pengaturan-pengaturan khususnya dalam hal komunikasi data.

Dapat juga dijabarkan lebih jauh bahwa protokol atau communications protocol adalah deskripsi formal dari format digital dan aturan untuk pertukaran informasi / pesan dalam sistem komputer dan juga telekomunikasi. Dalam sebagian protokol juga termasuk persinyalan (signaling), autentikasi (authentication) dan kemampuan deteksi dan koreksi kesalahan (error detection and corretion). Sebuah protokol yang digunakan dalam transmisi data mendeskripsikan sintaks, semantik dan sinkronisasi komunikasi dan dapat diimplementasikan di hardware, software maupun keduanya.

Dalam kehidupan sehari-hari kita dapat mengumpamakan protokol sebagai aturan dalam kehidupan yang mengatur beberapa hal. Misalnya bagaimana cara kita berkirim surat resmi. Dalam hal mengirim surat resmi pasti ada aturan baku yang diterapkan oleh setiap penulis maupun penerima surat resmi entah itu perusahaan, organisasi, maupun perorangan. Ada bagian-bagian khusus dalam surat resmi seperti kop surat, pesan yang disampaikan dsb. Protokol pun mendefinisikan hal serupa dalam komunikasi, namun yang dibahas lebih ke arah komunikasi data. Setiap data yang mengalir melalui service tertentu ada aturannya. Misal bagaimana pesan itu dikirim dan diterima. Apa header yang ada dalam data? Bagaimana menangani data tersebut dsb.

Beberapa protokol yang digunakan dalam transmisi data ialah:

HTTP, FTP, SMTP, NTP, SMPP, DHCP, SNMP, Telnet, Netconf, SIP, NNTP, SSI, DNS, Gopher, NFS dan masih banyak lagi lainnya. Beberapa aturan tersebut juga dijelaskan dalam model referensi OSI (OSI Reference Model) yang merupakan standard jaringan. Untuk deskripsi masing-masing protokol serta OSI Reference Model akan dijelaskan dalam artikel lainnya.