Pengertian Data pada Komputer

Dalam ilmu komputer, data adalah informasi yang cocok digunakan dengan komputer. Data sering dibedakan dari program. Program sendiri adalah kumpulan instruksi tentang detil pekerjaan yang harus dilakukan komputer. Sedangkan data adalah segala sesuatu yang bukan merupakan kode program namun digunakan dalam komputasi program.

Dalam kehidupan sehari-hari, file binary (tak lain adalah file yang tak terbaca manusia) seringkali disebut sebagai “data” dan dibedakan dari file teks yang DAPAT dibaca manusia. Ini tak semuanya benar karena definisi data adalah bagian yang digunakan entah itu dapat dibaca maupun tidak. Karena data apapun bentuknya adalah sesuatu yang diolah. Sekedar intermezzo, total data yang ada di tahun 2007 diperkirakan mencapai 281 milyar gigabytes (atau sama dengan 281 exabyte)

DATA VS PROGRAM

Pada dasarnya, komputer mengikuti instruksi yang diberikan. Kumpulan instruksi yang digunakan untuk melakukan serangkaian aksi disebut program. Mungkin secara sederhananya, program akan dieksekusi langsung oleh komputer dan mengandung kode-kode mesin. Unsur-unsur yang dimanipulasi oleh program namun tak dieksekusi oleh CPU mengandung data.

Umumnya, file-file berbeda digunakan untuk menyimpan program maupun data. File executable mengandung program, file selain itu adalah file data. Namun, file executable juga dapat mengandung data yang disisipkan ke dalamnya. Ada juga beberapa file yang memiliki data segment.

Mari ambil sebuah contoh: seorang pengguna dapat menginstruksikan sistem operasi untuk memuat (load) program word processor (pengolah kata) kemudian menyunting (edit) dokumen yang tersimpan. Pada contoh ini, dokumen dapat dianggap sebagai data (karena dia dioperasikan oleh program). Jika word processor juga mendukung fitur spell checker, maka kamus (word list) yang digunakan untuk spell checker dapat juga dianggap sebagai data. Sedangkan algoritma yang digunakan untuk memeriksa kata disebut sebagai kode.

Terkadang perbedaan antara program dan data bisa menjadi kabur. Sebuah interpreter misalnya, adalah sebuah program. Pada kasus bahasa seperti JAVA misalnya, input data yang dilewatkan ke interpreter adalah program juga namun tak diberikan dalam bahasa mesin. Dalam beberapa kasus, program yang diinterpretasi dapat juga berupa file teks (contohnya PHP, JavaScript) yang dimanipulasi oleh penyunting teks. Dapat dikatakan juga bahwa program tersebut diasosiasikan / dianggap sebagai data plain text. Metaprogramming juga melibatkan manipulasi program lain sebagai data.

16 Comments

  1. Wah keren juga ni buat tambah2 ilmu. Thanks nice inpo sat.

    • thanks juga udah mampir😀

  2. bagus salam kenal ya, sama2 di bidang ti, mampir di yudhaprayogie.blogspot.com

  3. Makasih, i like artikelnya, izin share ya mas

  4. nden

    mantap gan? bikin tentang ilmiah IT ada ga.

  5. vava

    Makachi, tapi aku masih sd dan dikit ngerti maksudnya.Aku buka blog ini soalnya besok ada ujian TIK.Tolong dong kachi yang mudah kumengerti dan jawabnnya itu RIGHT and TRUE biar besok nilai ujianku baik.YA PLEEAAASEEE. Arigato

  6. thank you coy jadi ada jawaban buat pr T.I.K<kira kira ada info yg laen ngak buat laptop😀

  7. 087851162557

    Pak maksud dari repro reproduksi itu ap ………….dlam bidang komputer

  8. 087851162557

    Maaf salah ….Maksud dari Reproduksi dalam bidang kompiuter itu ap maksudnya .?

    • Reproduksi berarti memproduksi ulang. Secara istilah kurang lebih berarti menghasilkan ulang data / mereplika data yang sebelumnya sudah ada untuk konteks tertentu.

      CMIIW

  9. Makasih gan atas infonya.🙂

  10. anonymous

    Saya lihat penjelasan2 di blog ini bagus2 dan detail…. diupdate terus dong blognya… terutama pembahasan2 mengenai IT…

    • Halo, terima kasih atas kunjungannya.
      sebenarnya saya sudah jarang mengelola blog ini. Untuk ke depannya saya akan lebih banyak mengupdate ke http://xathrya.id/

Trackbacks

  1. DATA, PEMROSESAN DATA & PENYIMPANAN DATA ( SASD & DASD ) | Juztadit's Blog
  2. Daftar Perintah FTP « DOELANK GENERATION
  3. ARSITEKTUR SISTEM KOMPUTER | S.E.N.A

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: