IP, alamat saya di Internet

IP, dalam berinternetan kita akan sering mendengar singkatan ini. IP adalah singkatan dari Internet Protocol.IP sangat penting dalam komunikasi di internet untuk mengalirkan data melalui internet. IP bertanggung jawab untuk me-routing atau mengalamatkan paket data antar host-host di jaringan komputer berbasis TCP/IP.

Sebuah paket IP akan membawa data aktual yang dikirimkan melalui jaringan dari satu titik ke titik lainnya. Metode yang digunakannya adalah connectionless yang berarti ia tidak perlu membuat (create) dan memelihara (manage) sebuah sesi koneksi. Selain itu, protokol ini juga tidak menjamin penyampaian data, tapi hal ini diserahkan kepada protokol lain.

Versi IP yang paling banyak digunakan saat ini adalah Internet Protocol version 4 (IPv4) di internet. Meskipun sudah dikeluarkan versi terbarunya, yakni Internet Protocol version 6 (IPv6) namun perkembangannya belum terlalu signifikan. Sekedar intermezzo, di Indonesia ITB adalah pelopor dipergunakannya IPv6 hehehe xD.

Nah, tadi sudah dijelaskan bahwa IP bertanggung jawab pada routing dan pengalamatan paket data yang akan dikirim melalui jaringan internet. Bagaimana cara IP melakukannya? Paket data (informasi) yang kita kirimkan sebenarnya hampir sama dengan mengirim surat pada kehidupan nyata. Kita perlu mengetahui alamat tujuan tempat surat akan diberikan serta alamat kita dimana sang penerima surat dapat membalas surat kita ataupun jika surat tak sampai surat tersebut bisa dikembalikan kepada kita. Paket data pun sama. Untuk berkirim data di internet dibutuhkan alamat. Alamat ini disebut sebagai IP address. IP address menunjukkan tempat atau alamat komputer kita di internet.

IP address atau Internet Protocol address biasanya berupa label bernomor untuk setiap perangkat (misal komputer, printer) yang terdapat pada jaringan komputer yang menggunakan Internet Protocol untuk saling berkomunikasi. IP addres memberikan dua fungsi dasar yakni: identifikasi atau pengenalan network interface dan pengalamatan lokasi.

Desain Internet Protocol didefinisikan sebagai bilangan 32-bit dan sistem ini dikenal sebagai IPv4. Karena perkembangan internet yang begitu pesat dan diperkirakan akan adanya kekurangan alamat di masa mendatang dibuatlah sistem pengalamatan IPv6 menggunakan 128-bit untuk alamat.

Internet Assigned Number Authority (IANA) adalah suatu organisasi yang mengatur pengalokasian IP secara global dan mendelegasikannya ke 5 Regional Internet Registries (RIRs) untuk mengalokasi blok IP kepada Local Internet Registries (LIRs) dan badan lainnya. Pada bingung nggak? Jadi RIRs itu perpanjangan tagannya IANA untuk mengatur IP di seluruh dunia. Ada 5 region diantaranya adalah:

  • African Network Information Centre (AfriNIC) untuk Afrika
  • American Registry for Internet Numbers (ARIN) untuk the United States, Kanada, dan beberapa bagian dari wilayah Karibia..
  • Asia-Pacific Network Information Centre (APNIC) untuk Asia, Australia, New Zealand, dan negara sekitarnya
  • Latin America and Caribbean Network Information Centre (LACNIC) untuk Amerika Latin dan beberapa bagian wilayah Karibia.
  • Réseaux IP Européens Network Coordination Centre (RIPE) untuk Eropa, Timur Tengah, dan Asia Tengah.

Sedangkan LIRs adalah organisasi yang ada di setiap negara. Mereka bertugas mengalokasikan IP untuk pelanggan di negara masing-masing namun tetap di bawah RIRs masing-masing.

Alamat IP merupakan bilangan binari, tapi IP biasanya ditampilkan dalam notasi yang dapat dibaca manusia. Saya yakin pasti bakal banyak yang bingung kalo misal angkanya 10101100.00010000.11111110.00000001. Hayo pusing gak tuh>:D

Tapi coba bandingkan jika ditulis seperti ini: 172.16.254.1 ? Lebih ringkas kan?

Untuk contoh penulisan IP pada IPv6 adalah sebagai berikut: 2001:db8:0:1234:0:567:8:1

4 Comments

    Trackbacks

    1. Another Satria's Project
    2. Kerja DNS itu gimana sih? « Another Satria's Project
    3. Definisi NAT, Bridging dan Routing « Another Satria's Project
    4. Setting IP Address di Linux « Another Satria's Project

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s

    %d bloggers like this: