Beberapa Jenis Programmable Chip

Dalam dunia digital, dikenal istilah chip elektronis. Chip adalah suatu modul digital yang dapat melakukan suatu fungsi atau kerja tertentu. Ada dua jenis chip / integrated circuit (IC), yaitu: ASIC (Application Specific Integrated Circuit) dan Programmable Circuit. ASIC adalah chip khusus yang diproduksi oleh pabrik untuk menyelesaikan persoalan khusus (spesifik terhadap masalah tertentu). Sementara Programmable Circuit adalah chip yang dapat dapat diprogram ulang untuk menjalankan fungsi atau rutin yang bervariasi tergantung kepada sang pemakai. Apa saja jenis programmable circuit yang ada?

FPGA

Field Programmable Gate Array (FPGA) adalah komponen elektronika yang dapat diprogram ulang. Komponen ini terdiri dari gerbang-gerbang logika yang tersusun sebagai array dengan hubungan antar gerbang yang dapat diatur langsung oleh programmer. Selain itu FPGA biasanya juga memiliki elemen memori yang telah tersemat. Salah satu produk FPGA yang terkenal berasal dari Altera.

Harga FPGA relatif lebih murah. Chip ini juga dapat diprogram sesuai kebutuhan (multi purpose).

CPLD

Complex Programmable Logic Device (CPLD) adalah piranti yang dapat diprogram dengan kompleksitas antara PAL dan FPGA. Secara arsitektural CPLD memberikan kedua fitur  dari kedua chip tersebut. Salah satu kemampuan CPLD adalah ia dapat langsung berjalan/ start up berkat adanya ROM internal.

PAL

Programmable Array of Logic (PAL) adalah chip sederhana yang dapat diprogram dengan 2 jenis gerbang logika sebagai penyusun logic array. Arsitektur PAL sangat sederhana. Gerbang-gerbang OR disusun membentuk array kemudian setiap input yang ada disusun melintang terhadap input ke gerbang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: