Kernel, Inti dari Sistem Operasi

Pernah mendengar/membaca istilah kernel? Jika tidak maka teman-teman sedang berbohong karena saya barusan mengetik kata ‘kernel#justkidding

Dalam dunia komputer, kernel adalah komponen yang sangat penting. Kenapa? Karena kernel tak lain adalah bagian inti dari sebuah operating system. Kernel menjadi penghubung antara aplikasi dan pemrosesan data yang terjadi pada level hardware. Adalah tugas kernel untuk mengatur sumberdaya sistem (memori, storage, dsb serta komunikasi antara komponen software dan hardware). Sebagai komponen dasar operating system, sebuah kernel dapat memberikan lapisan abstraksi (abstraction layer) paling dasar untuk sumber daya (resource). Maksudnya adalah kernel bertugas penuh mengatur penggunaan resource seperti processor dan perangkat I/O serta mengalokasikan penggunaannya untuk sistem. Rumit memang tapi begitulah tugas sebuah kernel.

Tugas operating system dilakukan secara berbeda oleh kernel yang berbeda tergantung pada desain dan implementasi masing-masing kernel. Maksudnya konsep pekerjaannya sama tapi cara penyelesaiannya bisa berlainan. Misalnya saja untuk makan seseorang bisa memakai sendok dan garpu, tapi ada juga yang melakukannya dengan menggunakan tangan tanpa sendok dan garpu. Mereka berdua melakukan pekerjaan sama yaitu makan, tapi melakukannya dengan cara berbeda. Di antara jenis-jenis kernel yang ada dapat ditemui beberapa jenis kernel sebagai berikut: Kernel monolithic mengeksekusi semua kode sistem operasi dalam ruang alamat memori yang sama untuk meningkatkan performa sistem. Mikrokernel (microkernel) menjalankan semua service operating system di ruang pengguna sebagai server untuk meningkatkan pemeliharaan dan modularitas operating system.

 

Fasilitas Dasar Kernel (Kemampuan Umum)

Tujuan utama dibuatnya kernel adalah untuk mengatur sumberdaya komputer dan memperbolehkan program lain untuk berjalan di sistem tersebut dan menggunakan sumberdaya tersebut. Secara umum, sumberdaya yang dimaksud terdiri dari:

  • Central Processing Unit. Ini adalah bagian paling inti dari sistem komputer yang bertanggung jawab untuk menjalankan atau mengeksekusi program di dalamnya. Kernel bertanggung jawab untuk menentukan mana saja program yang akan dialokasikan pada processor.
  • Memori komputer. Memori digunakan untuk menyimpan instruksi program dan data.  Biasanya keduanya harus ada di memori agar program dapat dieksekusi. Seringkali bila banyak program dijalankan dan semuanya membutuhkan alokasi memori sehingga permintaan memori lebih tinggi dari memori yang tersedia. Tugas kernel adalah menentukan memori yang dapat digunakan setiap proses dan menentukan apa yang harus dilakukan saat tak ada memori yang tersedia.
  • Input/Output (I/O). Setiap perangkat yang ada di komputer seperti keyboard, mouse, disk drives, printers, layar, dsb termasuk dalam perangkat input output.  Kernel mengalokasikan permintaan dari aplikasi yang membutuhkan device tertentu (atau bahkan beberapa perangkat, seperti permintaan melakukan baca tulis pada file dan tampilan di layar) serta menyediakan metode umum untuk menggunakan perangkat tersebut (misalnya bagaimana cara print data untuk printer. Setiap printer berbeda memiliki implementasi berbeda untuk melakukan pencetakan data namun secara umum tugas mereka adalah mencetak. Aplikasi yang berjalan tak mengetahui implementasi itu, tapi ia bisa meminta kernel untuk menghubungi printer agar pencetakan data dapat dilakukan dengan kernel sebagai penjembatan di antara keduanya.

 

 

4 Comments

  1. bingung memahaminya.. hehehe.

    • hehehe, bingung dimananya?
      intinya kernel itu sebagai otaknya OS, entah Wind*ws, lin*x, maupun OS lainnya…
      Yang ngatur2 pekerjaan OS di balik layar itulah yang disebut kernel, semacam manager di perusahaan gitu deh

Trackbacks

  1. Mengenal FreeBSD « Another Satria's Project
  2. TUGAS KELOMPOK SISTEM OPERASI TENTANG FREE BSD « daplun00

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: