Jaringan Komputer

Jaringan komputer, atau sering disebut sebagai jaringan, adalah kumpulan komputer dan perangkat yang saling terhubung oleh saluran komunikasi yang memfasilitasi komunikasi antarpengguna dan membolehkan pengguna untuk saling berbagi sumberdaya (resource). Jaringan dapat diklasifikasikan menurut beragam karakteristik. Sebuah jaringan komputer dapat juga membagi sumberdaya dan informasi atara perangkat yang terhubung.

Jaringan komputer dapat digunakan untuk berbagai tujuan, diantaranya:

  • Memfasilitasi komunikasi. Menggunakan jaringan, setiap orang bisa berkomunikasi secara efisien dan cepat melalui email, instant messaging, chat room, telephone, video telephone, dan video conference.
  • Berbagi hardware. Dalam lingkungan yang mendukung jaringan, setiap komputer dapat mengakses dan menggunakan perangkat keras yang terhubung ke jaringan (seperti printer, scanner, dsb) tanpa harus menghubungkan setiap komputer dengan sebuah perangkat individu. Bayangkan jika dalam suatu kantor setiap komputer memiliki 1 printer dan 1 scanner. Sangat boros. Dengan jaringan komputer diperlukan hanya 1 printer / scanner yang dapat dipakai bersama. Praktis dan hemat😀
  • Berbagi file, data, dan informasi. Dalam lingkungan jaringan komputer, user yang otentik dapat mengakses data dan informasi yang tersimpan dalam komputer lain pada jaringan.  Kemampuan untuk menyediakan akses data dan informasi pada media penyimpanan adalah fitur utama kebanyakan jaringan.
  • Berbagi software. Ini nih yang enak. Pengguna yang terhubung ke jaringan dapat menjalankan program aplikasi yang ada pada komputer lain. Jadi nggak perlu install di komputer sendiri😀
  • Pemeliharaan nformasi.
  • Keamanan

Jaringan komputer dapat dikelompokkan berdasarkan teknologi hardware dan software yang digunakan untuk menghubungkan setiap perangkan dalam jaringan, seperti fiber optik, ethernet, wireless LAN, HomePNA, power line communication atau G.hn.

Jaringan juga sering dikelompokkan menurut cakupan wilayahnya. Seperti Local Area Network (LAN), Wide Area Network (WAN), Personal Area Network (PAN), Virtual Private Network (VPN), Campus Area Network (CAN), Storage Area Network (SAN) dan lain-lain bergantung pada skala, cakupan dan tujuan.

Jaringan komputer juga dapat dikategorikan menurut fungsional dan hubungan antarelemen dalam jaringan. Misalnya  arsitektur Active Networking, Client-Server, Wireless ad hoc Network dan peer-to-peer (workgroup).

Artikel ini tidak akan menjelaskan terlalu rinci masing-masing jenis jaringan. Pembahasan jaringan komputer tersebut akan ada di artikel terpisah.

9 Comments

  1. kayak catetanku disekolah y, hhehehe😀

    • hahaha…
      waktu saya emang masih belum cukup buat nulis artikel-artikel yang lebih tinggi dari ini ^^

      • firm

        nulis artikel yg berbobot emang butuh waktu, kadang males juga kalo lagi banyak kerjaan, hhehe ^^7

      • Yap, bener sekali….
        kadang saya sempet2in nulis artikel buat ngisi waktu luang kalo kerjaan dah selese

Trackbacks

  1. Proxy, si satpam dalam jaringan « Another Satria's Project
  2. Router, Penunjuk Jalan dalam Jaringan « Another Satria's Project
  3. IP, alamat saya di Internet « Another Satria's Project
  4. Server, pelayan yang dihormati « Another Satria's Project
  5. Definisi NAT, Bridging dan Routing « Another Satria's Project

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: