Tentang Binary Number (Bilangan Biner)

Binary number? Apa itu?

Binary number atau bilangan biner adalah salah satu sistem bilangan yang digunakan pada komputer. Berbeda dengan sistem bilangan desimal yang sering kita gunakan sehari-hari, sistem bilangan biner menggunakan HANYA dua bilangan yaitu 0 (nol) dan 1 (satu). Perhatikan lagi, HANYA dua bilangan! :O

Jika dalam sistem bilangan yang biasa kita pakai sehari-hari (disebut bilangan desimal) kita mengenal 10 buah bilangan yaitu 0,1,2,3,4,5,6,7,8,9 yang mewakili nilai untuk setiap digitnya. Nilai terendah tiap digit adalah 0 sedangkan nilai tertinggi adalah 9. Lho, bukan 10? Angka 10 merupakan nilai dengan 2 digit yaitu digit pertama bilangan 1 dan digit kedua adalah bilangan 0. Setiap digit sebenarnya bernilai bilangan tersebut dikali dengan perpangkatan bilangan 10.

Contoh:

Bagaimana kita mengucapkan angka 423? Jawabnya adalah empat ratus dua puluh tiga. Sengaja tuh saya bedain. Nah digit pertama dari kanan adalah satuan dengan angka 3 atau tiga. Angka ini sebenarnya adalah bentuk perkalian dari bilangan berikut: 3 x 10^0 (tiga kali sepuluh pangkat nol). Sedangkan digit kedua dari kanan disebut puluhan dengan angk 2. Digit kedua ini jika dilihat dari pengucapan tadi adalah kata-kata dua puluh. Nah sebenarnya dua puluh adalah bentuk perkalian dari 2 x 10^1 (dua kali sepuluh pangkat 1). Terakhir adalah angka 4 yang dalam angka 423 merupakan fungsi sebagai ratusan. Sehingga nilai 4 ini adalah empat ratus. Sebenarnya empat ratus ini adalah bentuk perkalian dari 4 x 10^2 (empat kali sepuluh pangkat 2).

Sebenarnya angka 423 dapat juga disusun sebagai berikut: 423 = 4 x 10^2 + 2 x 10^1 + 3 x 10^0

 

Nah, pada kasus bilangan biner angka terendah adalah 0 dan angka tertinggi adalah 1. Hal ini dikarenakan komputer hanya mengenal dua macam keadaan yaitu keadaan listrik saat tegangan rendah (mencapai nilai 0) dan keadaan saat listrik mencapai nilai bukan 0 (biasanya 5 V).

Pada biner juga berlaku aturan nilai untuk digit lebih dari 1. Misal ada angka biner sebagai berikut: 00010110 berapakah nilainya?

Aturannya hampir sama dengan bilangan desimal hanya saja angka dalam bilangan biner angka tertinggi untuk setiap digit adalah 1 sedangkan di biner adalah 9. Kembali pada contoh bilangan desimal sebelumnya, 423 adalah tiga digit bilangan desimal yang bila disusun dapat dinyatakan sebagai 423 = 4 x 10^2 + 2 x 10^1 + 3 x 10^0 sedangkan 00010110 merupakan angka biner dengan delapan digit angka. Bila kita ingin mengetahui nilainya kita dapat menguraikannya satu persatu. OK, mari kita coba…

00010110

1. Digit pertama dari kanan adalah 0. Nol sebenarnya adalah 0 x 2^0. Kenapa dikalikan dengan dua bukan sepuluh? Karena biner menggunakan basis 2 bukan sepuluh🙂

2. Digit kedua dari kanan adalah 1. Satu sebenarnya adalah 1 x 2^1 = 2

3. Digit ketiga dari kanan adalah 1 sehingga dia bernilai 1 x 2^2 = 4.

dan seterusnya sehingga kita akan dapatkan nilai 00010110 menjadi sebagai berikut.

0 x 2^7 + 0 x 2^6 + 0 x 2^5 + 1 x 2^4 + 0 x 2^3 + 1 x 2^2 + 1 x 2^1 + 0 x 2^1

= 0 + 0 + 0 + 16 + 0 + 4 + 2 + 0

= 22

 

Nah, gimana? Nggak terlalu susah kan bilangan biner itu?🙂

 

15 Comments

  1. thank’s,,,,, anda berbakat jadi dosen ya😀
    bahasa sederhana mudah di pahami buat ane yang IQ jongkok🙂

  2. yah ketinggalan pertanyaan yang bikin pale ane muter sampe skarang,,,
    “kenapa komputer hanya mengenal 1 & 0 ? ” mohon pencerahannya ,,,

    • maaf baru dijawab sekarang,

      Kenapa hanya mengerti angka 1 dan 0?
      sebenarnya komputer sama dengan alat elektronik lainnya, beroperasi jika ada aliran listrik. Nah logika 1 dan 0 itu diperoleh dari “keadaan” ada atau tidaknya aliran listrik di suatu rangkaian chip komputer. Misal jika suatu rangkaian tidak teraliri listrik, komputer mengartikan keadaan itu sebagai 0 atau tak ada tegangan sama sekali. Sebaliknya jika ada tegangan atau listrik mengalir, komputer mengartikannya sebagai 1.

      Begitu kira-kira😀

  3. mantap gan…jadi ngerti tentang biner…^_^

  4. reed

    mak jleb🙂

  5. IQAT LIBAS

    Bermanfaat banget nih, thanks bro

  6. shafa

    iyah…. ajib penjelasannya,,,,,,🙂

  7. thanks, bro. Insya allah bermanfaat

Trackbacks

  1. Sistem Satuan pada Data Komputer « Another Satria's Project
  2. Definisi Program « Another Satria's Project
  3. Definisi Program Komputer | Another Satria's Project
  4. IP, alamat saya di Internet « Another Satria's Project
  5. Pengertian Data pada Komputer « Another Satria's Project
  6. Definisi Program Komputer « Kipas Dunia
  7. DATA, PEMROSESAN DATA & PENYIMPANAN DATA ( SASD & DASD ) | Juztadit's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: