Sistem Satuan pada Data Komputer

Pada fisika, kita mungkin mengenal adanya sistem satuan yang disebut Sistem Internasional untuk besaran-besaran. Apa itu sistem satuan? Satuan atau unit adalah sesuatu yang menandakan entitas dan digunakan dalam pengukuran besaran tersebut. Misalnya besaran panjang, kita mengukur panjang suatu benda dengan satuan meter. Meter menandakan entitas atau sebagai tanda besaran tersebut (dalam hal ini adalah panjang). Contoh lain adalah waktu, kita mengukur waktu dengan satuan detik. Sama seperti saat kita membandingkan. Kita menyebut soto di warung itu enak, tapi soto di sebelahnya dua kali lebih enak. Perhatikan kata yang tercetak tebal. Ada kata enak muncul. Kita dapat menganggap enak sebagai satuan untuk mengukur kelezatan soto. Nah kata-kata dua kali adalah pembandingnya. Dua kali lebih enak, atau dua kali lebih lezatnya. Serupa dengan itu, jika kita mengukur panjang benda dengan panjang 1 meter dan 2 meter, pasti benda yang panjangnya 2 meter 2 kali lebih panjang dari yang panjangnya 1 meter.

 

Nah selain satuan-satuan tersebut, kadangkala kita juga mengenal adanya satuan seperti Kilometer, milimeter, sentimeter dan sebagainya. Penambahan prefiks (awalan) pada satuan menghasilkan perkalian terhadap unit awal. Semua pengali adalah bilangan bulat dengan pangkat tertentu dari 10. Misalnya awalan kilo- menandakan seribu kali unit yang dimaksud dan mili menandakan seperseribu. Dengan demikian kombinasi antara meter dan kilo menghasilkan kilometer yang berarti 1000 meter. Ingat bahwa prefiks tak pernah dikombinasikan: seperjuta meter adalah mikrometer bukan milimilimeter.

Namun berbeda dengan data di komputer. Data pada komputer memiliki satuan bit (binary digit) yang merupakan angka 1 atau 0 pada sistem binary. Namun umumnya, digunakan unit byte yang merupakan 8 bit sebagai satuan. Byte bersifat diskrit dan merupakan satuan data terkecil dalam data sehingga kita tidak mengenal ada milibyte, mikrobyte, dan sebagainya. Tidak pula dikenal 1,5 byte atau 3,14 byte.

Berbeda dengan sistem satuan umumnya, penggunaan prefiks pada byte merupakan kelipatan 1024 (2^10) dan umumnya dimulai dari kilo- atau 2^10. Berikut prefiks serta artinya.

 

Sistem Satuan
Nama kilo Mega Giga Tera Peta Exa Zetta Yotta
Simbol k M G T P E Z Y
Faktor 2^0 2^10 2^20 2^30 2^40 2^50 2^60 2^70 2^80

Namun untuk lebih memudahkan, kita dapat juga memakai prefiks yang konvensional misal kilo- untuk 1000 kali unit.

3 Comments

    Trackbacks

    1. IP, alamat saya di Internet « Another Satria's Project
    2. Pengertian Data pada Komputer « Another Satria's Project
    3. DATA, PEMROSESAN DATA & PENYIMPANAN DATA ( SASD & DASD ) | Juztadit's Blog

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s

    %d bloggers like this: