Mengenal Bahasa Pemrograman D

Ada yang tahu bahasa pemrograman D?? Bahasa ini memang terbilang baru jika dibandingkan dengan pendahulu-pendahulunya yaitu bahasa C dan C++. Tapi bukan berarti bahasa ini dapat dianggap sebelah mata. Bahasa ini adalah bahasa pemrograman modern yang sangat powerful. Dalam tulisan kali ini kita akan sedikit membedah tentang bahasa D dan kelebihannya.

Sebagai referensi utama, kita menggunakan situs resminya yaitu http://www.digitalmars.com/d/

D adalah bahasa pemrograman sistem. D memfokuskan diri untuk menggabungkan ketangguhan dan kinerja tinggi dari C dan C++ dan produktivitas dari bahasa pemrograman modern seperti Ruby dan Python. D memberikan perhatian khusus kepada kebutuhan jaminan kualitas, dokumentasi, penanganan (manajemen), portabilitas serta kehandalan.

Didesain oleh Walter Bright, seorang veteran dalam compiler C++, seorang founder dari Digital Mars Compiler. Saat ini D memiliki berbagai komunitas kuat yang mendukung eksistensi bahasa pemrograman D selain fitur dan ketangguhan bahasa D itu sendiri.

D adalah bahasa yang ketat dalam grammar (tata bahasa) dan leksikalnya. Sebagai bahasa sistem, D langsung dikompil (disusun) ke dalam kode-kode / instruksi bahasa mesin. D adalah bahasa dengan multiparadigma, mendukung berbagai paradigma pemrograman seperti: imperative, object oriented, dan metaprogramming. Dengan menggunakan sintaks keluarga bahasa C (C, C++, Java dll) membuatnya serupa dengan C++.

Kelebihan dari bahasa D adalah, D bersifat terbuka. D tidak dimiliki oleh suatu perusahaan atau dimonopoli oleh pihak tertentu. D memiliki komunitas yang berkontribusi terhadap eksistensi D.

Terdapat dua versi dalam bahasa D:

  1. D version 1 yang dalam mode pemeliharaan (maintenance) dan uji coba.
  2. D version 2 yang direkomendasikan untuk dipakai.

Dan juga terdapat empat implementasi bahasa D:

  1. Digital Mars dmd for Windows 1.02.0, x86 Linux 1.02.0, Mac OS X 1.02.0, and x86 FreeBSD 1.0
  2. LLVM D Compiler ldc for D version 1.
  3. Gnu D compiler gdc.
  4. D.NET compiler alpha for .NET for D version 2.

Beberapa contoh source code  dan proyek (project) yang ditulis dalam bahasa D dapat dilihat di dsource. Sedangkan link menuju D wikis, libraries, tools, media articles, dll. ada di dlinks.

Sebuah contoh sederhana dalam bahasa D untuk menuliskan kalimat Halo dunia ke layar menggunakan Digital Mars DMD versi 2 dan library Phobos (standard D library):

import std.stdio;

int main() {
writefln(“Halo dunia!”);
return 0;
}

Selain Phobos terdapat juga library bernama tango. Sebuah contoh source code untuk menampilkan kata Halo dunia dalam tango adalah:

import tango.io.Stdout;

int main() {
Stdout(“Halo dunia!”).newline;
return 0;
}

Tidak terlalu berbeda bukan dengan C / C++ ?? Jika teman-teman sudah familiar dengan keluarga bahasa C, maka tidak ada kesulitan bagi teman-teman mempelajari D.

Cukup sekian dulu pengenalan bahasa D, lain kali kita akan bahas bahasa D lebih lanjut😀

9 Comments

  1. Uga

    bahasa apan tuh…. wah kykna itu bhs baru… susah kgak????????

    udah belajar aja C/C++/VB/……. masterin dulu tuhh

    • C/C++ udah bisa,
      D itu powerful, semua kecanggihan bahasa pemrograman modern ada di sini,

      VB mah lumayan gampang, tapi nggak bisa mengajarkan sepenuhnya kepada kita tentang esensi programming

  2. Maryadi

    Mas Satria..sebaiknya kode program yang diberikan ditulis dengan statement yang benar…biar
    bisa dibaca dan dimengerti maskud dari kode program tersebut. untuk program Hello World
    alangkah lebih mudah dibaca bila ditulis seperti ini:

    import std.stdio;

    int main ( )
    {
    writefln(“Hello World”);
    return 0;
    }

    • Wah, terima kasih atas sarannya…
      Sebenarnya waktu menulis seperti itu tapi sepertinya disalahartikan oleh wordpressnya

  3. dimana saya bisa download App D nya??…
    share alamatnya donk ke lhino_oneheart@yahoo.co.id
    Thankz….

  4. hy mas satria..
    salam kenal..
    saya baru di dunia teknologi informasi..
    dan saya merasa tertarik dengan programming..

    maukah mas satria menolong saya yg tertarik dgn dunia programming tapi ga tau sama sekali?
    hehe
    makasih sebelumnya ya mas..😀

    • Halo dan salam kenal juga Melda..
      Saya dengan senang hati membantu, asalkan ada niat buat belajar😀
      Kalo nggak salah saya udah nulis beberapa artikel tentang programming secara dasar, di kategori Seri Belajar Pemrograman. Coba aja baca2 dulu di situ😀
      Kalo ada pertanyaan tanyakan aja, sebaiknya jangan di blog soalnya bakal jarang akses blog hehehe

  5. wow !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: