Cross Compiling – Sebuah Pengenalan

Cross Compiling, apa itu??

Istilah ini memang sedikit asing bagi kita, tapi cross compiling adalah metode membuat program yang ditujukan untuk platform tertentu tapi proses pengerjaan compilingnya dilakukan di platform lain..

Masih bingung??

Kira-kira kayak gini. Kita tau kalo linux dan windows itu adalah dua platform yang sangat berbeda. Kalo kita bikin program di windows, program itu gak bisa dijalanin di linux. Begitu juga sebaliknya. Cara lama adalah kita membuat program untuk platform tertentu dalam lingkungan platform tersebut. Misal bikin aplikasi untuk windows ya bikinnya pake windows, pakenya compiler yang untuk windows. Kalo mau bikin aplikasi linux ya bikinnya di linux. Compilernya pake compiler linux juga.

Tapi…

Dengan metode cross compiling, kita bisa dengan bebas membuat aplikasi windows di linux. Ya, kita tidak direpotkan lagi dengan keterbatasan platform tersebut.

Meski demikian, cross compiling hanya sebatas pada cara kita dapat membuat program atau aplikasi untuk platform tersebut, namun bukan berarti kita dapat menjalankan program tersebut di platform yang bukan seharusnya. Misal kita bikin aplikasi windows di linux, memang kita bisa membuat programnya tapi untuk menjalankannya kita harus pakai “alat bantu” (ada tanda kutipnya nih) semacam emulator.

Tapi yang jelas, kita sudah mendapatkan kemudahan untuk membuat aplikasi untuk platform-platform lain tanpa harus punya platform tersebut😀

2 Comments

    Trackbacks

    1. Cross Compiling – Membuat Program Windows di Linux « Another Satria's Project
    2. Cross Compiling – Membuat Program Windows di Linux | Another Satria's Project

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s

    %d bloggers like this: