Konversi Energi, Selamatkan Masa Depan Bumi

Dunia saat ini sedang berada dalam suatu krisis. Krisis yang tak kalah hebatnya dengan krisis ekonomi. Apa itu? Itu adalah krisis energi. Meningkatnya populasi manusia harus diimbangi dengan peningkatan pasokan energi karena manusia modern membutuhkan energi untuk melakukan aktivitas. Mencuci, memasak, bahkan menonton TV / hiburan menggunakan energi. Secara umum, energi didapatkan dari proses pembakaran. Lebih spesifik lagi, manusia melakukan upaya yaitu pembakaran bahan bakar fosil (minyak bumi, batu bara, dll) untuk mendapatkan energi. Dampak dari pembakaran sisa fosil ini adalah meningkatnya polusi udara, dan ancaman global warming yang tinggi. dikarenakan emisi CO2 dari pembakaran tadi. Jika konsumsi energi makin tinggi seiring dengan makin meningkatnya jumlah penduduk dunia, maka dapat dipastikan pula akan timbul peningkatan polusi dan pemanasan global. Selain itu timbul masalah baru yakni ternyata cadangan bahan bakar fosil kita semakin menipis.

Dunia selalu bergantung kepada bahan bakar fosil. Jika terus begini, maka kita akan mendapat 2 dampak buruk, yakni kehabisan energi disertai kerusakan besar di bumi ini akibat global warming. Jika kehabisan energi maka dipastikan peradaban manusia akan lumpuh. Jika pemanasan global terus terjadi maka bisa-bisa terjadi kerusakan alam dan berefek pada mencairnya es di kutub bumi menyebabkan banjir besar (kemungkinan bisa masuk jaman es lagi)

Kita bisa mengatasi hal itu dengan cara berganti ke energi alternatif yang hemat dan ramah lingkungan. Dengan demikian maka kita dapat tetap memperoleh energi sesuai kebutuhan serta menyelamatkan lingkungan. Sayangnya pengetahuan untuk menggunakan energi alternatif tersebut masih rendah. Karena itu, saya bekerja sama dengan Laboratorium Penelitian Konversi Energi Elektrik ITB mencoba memberikan artikel-artikel yang dapat menambah pengetahuan kita tentang konversi energi. Bagaimana upaya melakukannya dan hal-hal teknis lainnya.

Coba juga cek artikel-artikel lain tentang nuklir.

 

-Satria Ady Pradana-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: