Algoritma Pengurutan Secara Linear

Berkaitan dengan artikel sebelumnya tentang counting sort, kali ini kita akan membahas tentang pengurutan data atau yang lebih dikenal sebagai sorting.

Apa itu sorting?

Sorting atau pengurutan adalah salah satu kegiatan terpenting dalam struktur data. Bekerja dengan banyak data yang tak teratur pasti sangat merepotkan. Maka untuk memudahkan kita dalam mengelola data kita memerlukan suatu cara agar data tersebut menjadi teratur. Di sinilah sebenarnya peran pengurutan, menjadikan data yang “berantakan” menjadi teratur dan terurut.

Sorting adalah mengurutkan data sesuai kaidah-kaidah yang berlaku untuk mendapatkan data terurut sesuai keinginan. Terdapat 2 macam hasil pengurutan, yaitu pengurutan menaik (ascending) dan pengurutan menurun (descending). Ascending adalah hasil data yang telah diurutkan menjadi menaik. Sebagai contoh jika terdapat 10 data, maka data kedua akan lebih besar dari data pertama, sedangkan data ketiga akan lebih besar dari data kedua. Sehingga:

p1 < p2 < p3 < p4 < p5 < p6 < p7 < p8 < p9 < p10

Sedangkan descending adalah data yang telah diurutkan akan menjadi menurun. Sebagai contoh jika terdapat 10 data, maka data kedua akan lebih kecil dari data pertama dan data ketiga akan lebih kecil dari data kedua. Sehingga:

p1 > p2 > p3 > p4 > p5 > p6 > p7 > p8 > p9 > p10

Pengurutan Linear

Algoritma pengurutan linear adalah algoritma yang tidak menggunakan tanda perbandingan (>, <, >=, <=, ==) untuk menentukan urutan elemen dalam data (proses pengurutan tidak memakai perbandingan). Pengurutan dilakukan dengan cara logika dasar dan waktu eksekusi yang digunakan oleh algoritma bersifat linear.

Linear sort membutuhkan lebih banyak space memori dalam melakukan operasinya. Ini dikarenakan metode linear sort yang bersifat linear selalu membutuhkan memori untuk operasi. Sedangkan tingkat kecepatan eksekusi dapat dikatan lumayan cepat jika dibandingkan dengan operasi / metode pengurutan menggunakan perbandingan.

2 Comments

  1. frend… tolong kirimkan ertikel tentang AGO.PENCARIAN dan ALGO.PENGURUTAN
    thanks before….

    • OK, insya Allah kalau saya udah balik ke Bandung saya tulis artikelnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: