Menulis program dalam bahasa C++

Ada begitu banyak bahasa pemrograman di dunia ini. Kalau dihitung-hitung mungkin mencapai ratusan dengan berbagai karakteristik khusus. Namun dari semua bahasa tersebut, hanya terdapat beberapa bahasa saja yang benar-benar digunakan secara luas dan populer. Salah satunya adalah bahasa C++

SEJARAH

Bahasa C++ diciptakan oleh seorang insinyur bernama Bjarne Stroustrup. Bahasa C++ sendiri merupakan pengembangan dari bahasa pemrograman C yang telah lebih dahulu diciptakan. Latar belakang penciptaan bahasa C++ adalah sebagai penyempurnaan bahasa C yang dinilai kurang efisien di beberapa bidang.

COMPILER

Untuk menulis sebuah program dibutuhkan sebuah compiler. Tak terkecuali bahasa C++. Dalam perkembangannya, kita dapat menjumpai banyak sekali compiler C++ seperti Turbo C++, GCC, DMC dll. Teman-teman bisa mencarinya sendiri di internet.

Bagi yang belum tau, sebenarnya apa sih compiler itu? Compiler adalah program khusus yang dapat menerjemahkan kode-kode yang kita tulis dalam bahasa pemrograman ke dalam bahasa mesin. Mengutip kata-kata dalam artikel Perbandingan Bahasa Pemrograman kita dapat mengetahui proses pembuatan sebuah program:

“Proses pembuatan sebuah program terbagi dalam beberapa tahap. Secara garis besar, seorang programmer membuat rancangan dasar program yang akan ia buat berupa algoritma-algoritma yang akan dipakai. Kemudian seorang programmer akan mentranslasikan atau disebut dengan istilah mengoding bahasa algortma tersebut ke dalam salah satu bahasa pemrograman yang ia inginkan. Setelah ia selesai mengoding, tibalah proses yang disebut kompilasi. kompilasi adalah proses menerjemahkan bahasa pemrograman ke dalam bahasa mesin. Tugas ini dilakukan oleh program yang disebut compiler bahasa pemrograman. Setelah selesai proses kompilasi, akan dihasilkan beberapa file yang salah satunya adalah file dengan ekstensi .exe. File inilah yang dapat kita jalankan dengan cara melakukan doube click pada file tersebut.”

Proses tersebut juga berlaku bagi bahasa C++. perlu dicatat bahwa “Suatu compiler untuk bahasa pemrograman tertentu hanya dapat dipakai untuk mengompilasi kode bahasa tersebut saja. Ia tidak bisa mengompilasi kode bahasa lain.

KERANGKA PROGRAM

Bahasa C++ adalah bahasa yang sistematis. Setiap program yang ditulis dalam bahasa C++ memiliki kerangka umum yang hampir sama. Mari kita lihat bagaimana program C++ yang sederhana.

#include <iostream>

using namespace std;

int main()

{

cout<<“Halo dunia”<<endl;

return 0;

}

penjelasan:

Kode di atas adalah program paling sederhana yang ditulis dalam C++. Program tersebut akan menampilkan kata “Halo dunia” ke layar.

Pada baris paling atas, kita melihat ada #include yang disertai <iostream> . Baris ini akan memasukkan kode dari pustaka bernama iostream yang gunanya untuk melakukan pembacaan dan penulisan data ke layar (input output).

Kemudian kita akan melihat adanya fungsi main() yang merupakan fungsi yang akan dieksekusi pertama kali oleh program. Di dalam fungsi tersebut terdapat perintah cout<<“Halo dunia”<<endl; yang akan menuliskan kata “Halo dunia” ke layar.

1 Comment

  1. M. Satria PriEga Kalantaka

    gua pemula. . .gua bingung. . .tapi gua mo belajar bro, coz gua pengen bisa !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: