Tim Riset dan Pengembangan Teknologi

Disadari atau tidak, kita saat ini berada di suatu era bernama era teknologi dan era informasi. Teknologi telah mengubah segala aspek kehidupan. Teknologi memudahkan pekerjaan manusia yang sulit dan rumit menjadi mudah dan cepat. Kita sendiri tak sadar bahwa kehidupan kita tak lepas dari hasil teknologi.

Ambil salah satu contoh saja, listrik. Hanya dengan sebuah penemuan bernama listrik, kita bisa mengenal lampu, televisi, radio dan alat-alat elektronika lainnya. Dengan lampu listrik, kita bisa menerangi dunia yang pada jaman dahulu hanya diterangi dengan lampu minyak tanah. Dengan televisi dan radio, kita bisa mendapat hiburan-hiburan di kala suntuk. Lebih jauh lagi, listrik telah menciptakan lapangan kerja baru yang belum ada di abad-abad sebelumnya.

Bahkan sebagian dari kita pasti sangat familiar dengan teknologi bernama telepon genggam. Benda kecil ini sudah merupakan benda yang wajib dibawa. Dengan mudah kita dapat berkomunikasi dengan orang-orang yang kita kenal tanpa dibatasi ruang dan waktu (mungkin pulsa ya :p)

Demikian hebatnya teknologi sampai-sampai ada suatu ungkapan bahwa orang yang menguasai teknologi akan menguasai dunia. Perkembangan teknologi adalah perkembangan dunia. Lalu bagaimana dengan Indonesia?? Sangat disayangkan kita (ya, termasuk saya dan anda) ternyata cenderung berperan sebagai konsumen teknologi, bukan ikut berperan serta menciptakan teknologi. Akibatnya kita hanya bisa bergantung pada negara lain.

Kita harus bangkit !!

Indonesia harus mampu menciptakan teknologinya sendiri sehingga Indonesia dapat menjadi negara yang kuat. Lalu apa yang dapat kita lakukan untuk mewujudkannya? Tentu saja berusaha semaksimal mungkin sesuai bidang kita.

Atas dasar itulah, saya menggagas berdirinya Tim Riset dan Pengembangan Teknologi (Research and Development Team). Tim ini merupakan suatu departemen khusus yang berada di bawah naungan STEI ITB angkatan 2010. Tujuannya adalah menjadi pionir di bidang teknologi terutama bidang keprofesian kami, elektro dan informatika. Keanggotaannya berasal dari seluruh insan STEI 2010 yang ingin berkarya dan mengembangkan kemampuannya serta berkontribusi terhadap bangsa.

Terdapat empat divisi di Tim Riset dan Pengembangan Teknologi, yaitu:

Divisi Elektronika: Elektro merupakan jantung peradaban modern. Manusia modern tak bisa terlepas dari peranan listrik. Divisi ini adalah divisi khusus yang mempelajari listrik dan aplikasinya dalam kehidupan manusia seperti peralatan elektronik, dsb.

Informatika:Era informasi menjadi tanda perubahan jaman ini. Di jaman ini, berbagai informasi didapatkan dengan mudah. Divisi informatika adalah divisi khusus yang mempelajari tentang perkembangan teknologi informasi dan komunikasi serta pengaplikasiannya (web, program, desain, dsb)

Basic Science: Meskipun berlatar belakang elektro dan informatika tapi semua ilmu tak dapat dipisahkan dari ilmu dasar. Basic Science membahas berbagai hal mengenai ilmu-ilmu dasar (matematika, fisika, kimia dan biologi) serta terapannya dalam kehidupan manusia.

SocioTehcnology: Manusia tak boleh melupakan lingkungannya. Lingkungan adalah tempat kita berinteraksi dan menumbuhkan karakter diri. Karena itu divisi ini terbentuk untuk mempelajari interaksi manusia dan lingkungan (sosial dan makhluk hidup lain) agar tercipta keseimbangan.

Masing-masing divisi dikepalai oleh seorang Kepala Divisi yang bertugas sebagai kordinator dan pembimging.

Setiap orang bisa berkarya, dan kami yakin dengan berdirinya Tim Riset dan Pengembangan Teknologi ini kami dapat berbuat lebih banyak untuk Indonesia.

Atas nama Teknologi…

Untuk Tuhan, Bangsa dan Almamater… Salam Ganesha !

-Satria Ady Pradana-

Chief of Research and Development Team

STEI ITB 2010

16510102

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: