Definisi Program Komputer

Program komputer, sebagian dari teman-teman pasti sudah mengenal kata ini bukan? Apalagi yang setiap hari berurusan sama komputer. Sebenarnya, apa sih definisi program itu sebenarnya?

Program komputer (juga disebut sebagai software atau hanya program) adalah serangkaian instruksi berurutan yang ditulis untuk melakukan serangkaian tugas untuk komputer. Komputer tak memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalahnya sendiri. Komputer hanyalah berupa alat yang digunakan untuk melakukan perhitungan-perhitungan dan serangkaian tugas yang dibebankan kepadanya. Pembuat program disebut sebagai programmer :D.

Jika diibaratkan program seperti jadwal kegiatan selama hari ini. Misal hari ini saya harus mandi, makan, ke kampus, rapat A, rapat B, makan, tidur, belajar, belanja, dsb. Kegiatan seperti di atas kita sebut sebagai instruksi apa yang harus kita lakukan saat itu. Dan daftar instruksi yang ditulis menjadi satu berkas utuh disebut sebagai program.

Nah secara umum, program memberikan kemampuan komputer untuk melakukan fungsi khusus. Komputer akan mengeksekusi atau menjalankan instruksi yang ada dalam program di dalam central processor. Program dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman sebagai alat untuk mengungkapkan ide sang programmer agar dapat dijalankan oleh komputer. Setelah ditulis dalam bahasa pemprograman, tidak serta merta apa yang kita tulis tersebut dapat dilaksanakan oleh komputer. Komputer hanya mengerti bilangan biner dan instruksi-instruksi menggunakan bahasa mesin. Untuk membuat komputer mengerti maksud dan tujuan kita, diperlukanlah sebuah kompiler yang dapat menerjemahkan bahasa pemprograman ke bahasa mesin. Namun ada juga komputer program yang tidak berupa kode bahasa mesin, namun berupa kode-kode khusus dan terkadang juga berupa kode-kode bahasa pemprograman. Program model ini memerlukan bantuan interpreter untuk menerjemahkan bahasa tersebut ke bahasa mesin sehingga dimengerti oleh perangkat keras.

Source code ditulis oleh seorang programmer dan ditulis dengan salah satu bahasa pemprograman (ya, inilah yang tadi saya bilang sebagai pengungkapan ide sang programmer) menggunakan dua paradigma utama yakni: pemprograman imperatif atau pemprograman deklaratif.

Program komputer dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis yakni: system software dan application software.

About these ads

7 Comments

  1. nawir

    oya mas aku mu nnya nie pa sich perbedaan program dengan software?…aku bingung ni mas tlong djawab ya mas….

Trackbacks

  1. Interpreter, Sang Penerjemah pada Komputer « Another Satria's Project
  2. Interpreter, Sang Penerjemah pada Komputer | Another Satria's Project
  3. Definisi Program Komputer | Another Satria's Project
  4. Proxy, si satpam dalam jaringan « Another Satria's Project
  5. Pengertian Data pada Komputer « Another Satria's Project
  6. Kernel, Inti dari Sistem Operasi « Another Satria's Project

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 39 other followers

%d bloggers like this: